Pages

Subscribe:

Sabtu, 13 September 2014

media yang bisa digunakan untuk kelas 5 tematik kurikulum 2013 tema 2 subtema 2 pembelajaran 3


Saat saya membuka materi yang diberikan oleh guru kelas 5 untuk saya PPL, saya sedikit mengalami kesulitan karna materinya hanya sedikit sekali. sehingga saya harus mengembangkan sendiri versi saya. ya, untuk kelas 5 tema 2 :peristiwa dalam kehidupan dan subtemanya 2: peristiwa - peristiwa penting. pembelajaran 3 yaitu tentang sumber air. setelah saya browsing - browsing di internet ternyata ada materi tentang sumber air, yaitu air permukaan dan air tanah. saya menggunakan media berupa kertas karton dan juga gambar - gambar tentang air permukaan dan air tanah. kira - kira dapat dilihat di gambar di bawah ini.


ya mungkin kurang sedikit sentuhan kreativitas, hehehehe, soalnya ndadak juga. maklum lembur - lembur banyak tugas... mungkin kalian bisa mengembangkan sendiri dengan menambah kreativitas atau mengembangkan materinya lebih luas tapi jangan terlalu luas..
selain itu saya juga menambahkan dengan gambar - gambar yang besar agar lebih jelas.





lalu papan prestasi kelompok dapat dibuat dengan hal - hal yang berhubungan dengan air. masih banyak hal lain lagi yang bisa dimodifikasi. walaupun kelas 5, tetapi mereka butuh sesuatu yang menyenangkan seprti diajarkan jargon. misal setiap saya berkata, anak hebat... mereka berkata, saya ! itu hanya salah satu contoh trik untuk mengajak mereka agar mereka slalu semangat dan menambah kepercayaan diri mereka. selain itu saya juga menyuruh mereka membuat yel - yel. tidak disangka mereka sangat antusias dan kreatif.


0 komentar:

Posting Komentar