Pages

Subscribe:

Minggu, 14 September 2014

Bersyukurlah jika kalian masih memiliki IBU

Ibu...
terkadang kita sering sekali menyakiti hati ibu kita..
seringkali apabila kita diperintah ibu, kita slalu memberi seribu alasan untuk menolak...

Kini saya menyadari arti Ibu yang sesungguhnya dalam kehidupan ini..
Hari ini saya menemukan masalah yang terjadi di kelas IV, ada siswa yang menangis karna diejek oleh temannya karna tidak memiliki Ibu..
Saya pikir masalah seperti ini hanya ada dalam teori, tenyata... prakteknya pendidikan moral pada anak kurang sekali ditanamkan di jaman seprti ini..
Dia terus menangis karna teringat ibunya, saya melakukan pendekatan pada anak itu dan berusaha untuk menghiburnya. dia berkata masih memiliki ayah. tetapi tentu saja peran ayah dan ibu itu sangat berbeda. ibu bisa saja menjadi seroang ayah bagi anak. tapi jarang sekali seorang ayah bisa menggantikan peran ibu.
saya sangat bersyukur masih memiliki orangtua yang lengkap, ayah dan ibu... saya sangat sayang sekali kepada mereka tetapi tidak jarang saya bersuara agak keras. akhir - akhir ini banyak hal yang bisa membuka mata hati dan pikiran saya... orangtua adalah segalanya.. itu memang menjadi motto hidup saya, tetapi realitanya saya masih kurang sekali dalam menghargai dan menghormati orangtua... saya sangat menyesal dengan apa yang saya lakukan.. saya akan berusaha menjadi sosok yang lebih baik..
Sayangilah Ibu.....

Untuk mengatasi masalah ini saya menghibur anak itu dan berusaha memberikan motivasi, mengajak dia slalu bersyukur dengan melihat 'ke bawah' dan saya berkata bahwa saya akan slalu ada untuk dia.. jika dia membutuhkan apapun apabila saya dapat membantunya maka saya akan lakukan untuk dia...
Selain itu saya meminta pada anak yang mengejek untuk meminta maaf dan anak tersebut berjanji untuk tidak mengulanginya... saya juga memberikan nasihat pada siswa kelas IV agar tidak melakukan hal - hal yang menyakiti hati teman.. saya bertanya, bagaimana jika kalian diejek orang lain, hati kalian sakit tidak ? mereka semua menjawab, sakit Bu... jadi ? mereka menjawab, kita tidak boleh mengejek teman Bu... saya akan terus memantau dan memberikan pendidikan moral karena menurut saya, afektif anak adalah yang paling penting bagi saya.. mereka harus memiliki moral yang baik, tanpa afektif yang baik maka kognitif adalah hal yang sia - sia... dia pandai tetapi untuk apa jika sikapnya tidak baik? saya ingin agar bangsa ini memiliki penerus yang memiliki moral yang baik.

 Hanya itu yang bisa saya sampaikan saat ini...
sekali lagi saya tekankan, jangan sia - siakan Ibu kita yang masih mendampingi kita sampai detik ini...
karena pasti kalian akan menyesal jika tidak mampu memberikan yang terbaik untuk Ibu....
lihatlah mereka yang tidak memiliki Ibu...
bersyukurlah jika masih memiliki Ibu...
Ibu adalah malaikat tanpa sayap......


0 komentar:

Posting Komentar